Apa yang dimaksud dengan agora ??
Terlintas ketika kita mendengar nama agora mungkin itulah pertanyaan paling awal yang akan muncul dalam benak kita. Mari kita lihat secara jelas apa yang dimaksud dengan agora ^^..
Agora berasal dari bahasa Yunani: Ἀγορά, Agorá dengan memiliki arti yaitu, tempat pertemuan terbuka di Negara – kota, Yunani Kuno. Pada sejarah awal sekitar antara tahun 900 – 700 SM, orang merdeka dan pemilik tanah yang berstatus warga Negara tersebut berkumpul di Agora untuk mengadakan musyawarah dengan raja. Di kemudian hari, Agora juga berfungsi sebagai pasar tempat para pedagang menempatkan barang dagangannya di antara pilar-pilar Agora. Dari fungsi ganda ini, muncullah dua kata dalam bahasa Yunani: αγοράζω, agorázō, "aku berbelanja", dan αγορεύω, agoreýō, "aku berbicara di depan umum". Ketika itu muncullah istilah agorafobia digunakan untuk menunjukkan rasa takut terhadap tempat umum.
Agora bisa disebut juga tempat perkumpulan orang – orang yang akan mengadakan pertemuan. Zaman sekarang agora pun masih ada. Bahkan lebih mengalami perkembangan yang luar biasa. Agora zaman sekarang bisa kita sebut sebagai Mall. Tidak hanya orang – orang terkenal dan para pejabat yang mengenal kata mall, kalangan kebawah pun juga mengetahuinya. Begitu familiarnya mall itu.
Kebanyakan orang zaman sekarang mengadakan pertemuan – pertemuan penting di mall, tapi ada juga yang hanya sekedar hang out bersama keluarga atau teman – teman terdekat untuk berbelanja, makan – makan, beli kado special atau hanya ingin menghilangkan bete di rumah, atau bisa juga mengadakan kencan dengan sang kekasih, bahkan ada juga yang hanya ingin bermain. Berbagai kalangan orang ada disana dari anak – anak kecil, remaja, bahkan para orang tua.
Seiring berkembangnya zaman, Indonesia khususnya tidak hanya di kota metropolitan saja seperti Jakarta yang dibangun berbagai mall, tetapi juga di kota – kota besar diluar Jakarta pun mall turut ikut dibangun. Mungkin karena keuntungan yang begitu besar dari mall, banyak para pengusaha menggunakan kesempatan itu untuk memperbanyak cabang mall. Entah sudah berapa banyak jumlah mall di kota – kota seluruh Indonesia.
Zaman dulu mungkin komunikasi dalam mengadakan berbagai pertemuan sangat sulit untuk di lakukan. Saya pernah mendengar sebuah cerita atau dongeng sejak saya masih kecil bahwa untuk memberikan sepucuk surat saja orang – orang diluar negeri sana harus memberikannya kepada seekor burung merpati putih dan mengikatkan disalah satu kakinya agar dapat dibawa terbang. Entah bagaimana si merpati putih itu dapat dengan mudahnya memberikan kepada orang yang dituju. Karena saya masih kecil, maka saya hanya percaya dengan cerita dongeng itu tanpa bertanya lagi kepada orang tua saya dan malah saya terkagum – kagum dengan cerita khayalan itu…. Haha ^^
NEXT !!
Seperti yang saya ketahui tidak hanya di Indonesia, tetapi di luar negeri pun dalam mengadakan sebuah pertemuan banyak orang melakukan via pos atau disebut juga dengan surat – menyurat. Walaupun sampai zaman sekarang surat – menyurat masih tetap ada, yang membedakan hanya fasilitasnya saja yang berkembang. Dulu pak pos mengantarkan surat ke setiap rumah dengan menggunakan sepeda, tetapi sekarang sudah tersedianya motor khusus untuk pos. Sehingga pak pos sudah tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga yang besar hanya untuk mengayuh sepeda. J Seiring berkembangnya zaman , maka berkaitan erat dengan perkembangan dan pertumbuhan teknologi yang semakin hari semakin pesat. Komunikasi yang terjadi sekarang semakin modern. Banyak orang yang sudah tidak lagi menggunakan via pos atau bahkan hanya digunakan untuk pengiriman barang – barang saja. Mereka sudah mengenal sebuah kata via telpon. Sebagian besar warga Indonesia memiliki Handphone. Tidak hanya orang tua saja, tetapi anak – anak mereka pun tidak ketinggalan zaman untuk memiliki dan menggunakan Handphone tersebut untuk dibawa ke sekolah mereka untuk mempermudah dan memperlancar komunikasi antara orang tua dengan sang anak.
Di dalam handphone terdapat banyak fitur – fitur social network yang sangat menarik dan dapat dipergunakan semua kalangan usia. Kebanyakan dari mereka adalah para remaja yang sekolah dan kuliah serta tidak lupa ibu – ibu yang juga ingin eksis di dunia maya.
Apa itu social network ??..
Social network atau yang biasa disebut Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Ada berbagai macam jejaring social antara lain :
· facebook
Adakah orang di dunia ini yang tidak mengenal Facebook ???....
Jawabannya ada,, tetapi hanya ada sedikit orang yang tidak mengenal facebook dibandingkan dengan yang mengenalnya. Jutaan orang di dunia tidak hanya mengenalnya tetapi juga menjadi si pemakai social network tersebut. Karena keingintahuan manusia yang besar lah , maka banyak yang sign up ke facebook.
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Selain facebook masih banyak lagi jejaring social yang lainnya , ayooo kita tengok ke bawah ^^..
· My Space
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
· Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
· Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.
· Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
· FUPEI
Jika anda melihat judulnya pasti anda terkecoh karena pasti anda menebak situs ini berbau Jepang atau Cina. Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.
· Bebo
Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
· Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
· Yahoo ! Meme
Sudah tahu-lah siapa yang membuat situs jejaring ini. Yahoo! Yap, Yahoo! merilisnya merilisnya pada bula Agustus 2009. Yahoo! Meme atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama meme sendiri tidak memiliki arti khusus. Namun, istilah "meme" di web dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan perhatian semua orang.
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
· Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
· Tumblr
Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
· Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan pakai jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.
Apa saja siihh dampak positif dan dampak negatifnya ???.... ^^…
Sudah dipastikan sebuah jaringan social ini memiliki dampak positif dan negatifnya bagi si pengguna itu sendiri. Mari kita telusurii….
Dampak positif yang terlihat secara jelas yaitu mempermudah jalinan komunikasi antar sesama. Dapat pula mempertemukan kita pada teman – teman lama kita yang mungkin pada nyata nya sulit untuk bertemu, tetapi hanya dengan jejaring social kita dapat saling berbagi informasi, berbagi kisah /cerita yang sering anak muda bilang “curhat” (curahan hati), dan dapat pula saling melakukan sebuah perjanjian/pertemuan di tempat – tempat tertentu. Pemanfaatan internet akhir – akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media internet tidak lagi sekedar menjadi media berkomunikasi semata, namun juga sebagai bagian dari kegiatan bisnis, industri, pendidikan, dan pergaulan social.
Selain dampak positif, dampak negative pun tak luput mengikuti seperti halnya yang sering kita dengar diberita – berita sekitar sebulan yang lalu, banyak anak muda yang diculik ataupun hilang gara – gara sebuah jejaring social. Itulah salah satu dampak negative yang mencengangkan pengguna lain. Bagaimana mungkin sebuah jejaring social dapat menghilangkan seorang anak muda ???... Ternyata kisah itu dilatarbelakangi oleh seorang anak muda yang ingin melakukan pertemuan dengan anak muda yang lain. Mungkin karena lokasi pertemuannya terlalu jauh dari jangkauan, maka dapat saja menghilangkan salah seorang dari anak muda itu karena dia tidak tahu arah jalan pulang. Kalau sudah terjadi seperti itu orang – orang rumah pun dapat dibuat menjadi khawatir terhadapnya.
Dampak negative lainnya seperti “kecanduan” layaknya seperti pengguna narkoba, pengguna jejaring social pun dapat pula kecanduan berbagai situs – situs di internet yang memikat hati penggunanya. Kecanduan dapat membahayakan kesehatan karena memicu seseorang mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara keja gen, membingungkan respon kekebalan, level hormone, fungsi urat nadi dan merusak performa mental. Seseorang yang menghabiskan waktunya didepan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah bahkan dapat terjadi obesitas. Kerusakan fisik pun juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam – jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang – ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi pada orang – orang yang menghabiskan banyak waktu duduk didepan meja komputer. Serta terakhir, media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan – lahan kemampuan anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan social dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per harinya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting menjadi semakin meningkat.
Sumber : http://dyahratih.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar