Senin, 03 Oktober 2011

Dampak dan Penanggulangan Perkembangan Teknologi Terhadap Anak - Anak



Perkembangan zaman dari tahun ke tahun mengalami banyak sekali perubahan. Terutama dan yang paling banyak berubah yaitu kecanggihan dari teknologi. Teknologi berasal dari istilah teckne yang berarti seni (art) atau keterampilan. Menurut Dictionary of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis.
Lalu bagaimana dampak perkembangan teknologi terhadap anak – anak ?
Menurut pengamatan saya, anak – anak zaman sekarang semakin canggih. Sudah kenal dan malah tak asing dengan yang namanya telpon, handphone, komputer , laptop, apalagi internet. Mereka sudah tidak pernah merasakan bagaimana dulu orang – orang sangat sulit untuk memperoleh info / informasi.  Mereka pun sudah tahu bagaimana cara menggunakannya. Belum lagi sudah mulai bergabung dengan beberapa social network (jejaring sosial). Sudah bisa telpon – telponan dan sms_an dengan teman – temannya. Sudah mulai bisa chatting. Bahkan melihat video – video yang mereka suka. Kecanggihan teknologi membuat  anak – anak lebih mudah mengakses semua hal. Anak – anak seperti ketagihan dengan berbagai aplikasi / permainan yang ada dalam dunia maya. Padahal di satu sisi mereka belum mengerti apa dunia maya yang sebenarnya.
Kalo sudah seperti itu bagaimana penanggulangannya ?
Orang yang paling mengerti terhadap tingkah laku dan sifat anak tak lain adalah orang tua mereka sendiri. Orang tua memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap anak – anaknya, jangan sampai pergaulan di dunia maya membuat mereka jadi salah arah. Biarkan mereka bebas untuk mengetahui apa yang mereka inginkan, tetapi masih dalam batas wajar dan orang tua pun harus tetap mengawasi apa yang sebenarnya mereka lakukan di setiap harinya. Tanyai atau ajak anak – anak untuk mengekspresikan atau menceritakan kejadian hari ini, entah di sekolah ,di lingkungan sekitar bahkan di dunia maya. Buat lah anak – anak merasa nyaman dengan yang mereka ceritakan, bukan malah merasa sebaliknya. Dengan seperti itu orang tua jadi lebih tau dengan siapa saja mereka biasa bermain dan bergaul.






http://terusbelajar.wordpress.com/2008/08/07/pengertian-teknologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar