Rabu, 20 Maret 2013

Tugas 2, JARINGAN KOMPUTER


Tipe Jaringan Komputer

1.   Switched Network
Switch jaringan adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer atau device lainnya dalam jaringan atau LAN, biasanya menggunakan topologi star. Switch ini biasanya bekerja pada lapisan Data-Link layer pada OSI model. Switch idealnya lebih cepat daripada hub karena dengan menggunakan switch untuk berkomunikasi dengan komputer ataupun device lainnya tidak perlu menunggu komunikasi lainnya selesai, tidak seperti yang terjadi jika menggunakan hub.



2.  Circuit Switched Network
Jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi, point to point.



3.  Packet Switched Network
Pada jaringan ini tidak diperlukan kapasitas transmisi yang siap pakai sepanjang lintasan pada jaringan. Data cukup dikirimkan keluat pada urutan dari potongan-potongan kecil yang disebut packet. Masing-masing packet menuju jaringan dari node ke node selama beberapa lintasannya mendapat giliran dari sumber ke tujuan. Pada masing-masing node, packet yang masuk diterima kemudian disimpan sementara, untuk selanjutnya dikirimkan ke node berikutnya. Jaringan packet-switched umumnya digunakan pada komunikasi antara terminal ke komputer maupun dari komputer ke komputer.




4.  Broadcast Network
Pada jaringan ini tidak terdapat node switching antara, pada tiap station pengirim dan penerima saling berkomunikasi melalui media yang digunakan bersama-sama station lain. Transmisi dari sebuah station disebar (disiarkan) dan diterima oleh beberapa station. Dua bentuk jaringan yang mirip dari broadcast-network adalah packet-radio-network dan satelite-network.


5.  Packet Radio Network
Pada jaringan ini masing-masing station mengirim dan menerima data yang memodulasi gelombang carrier melalui antenna, dan semua station berbagi kanal atau frekuensi radio yang sama, selanjutnya menyebarkan secara langsung ke masing-masing station dalam jarak jangkauannya.


6.  Satellite Network
Data tidak dikirimkan secara langsung dari transmitter ke receiver, tetapi di relay ke satelite, masing-masing tration transmit ke satellite dan receive dari satellite.



7.  Local Network
Jaringan ini merupakan jaringan komunikasi yang terbatas pada daerah yang kecil, misalkan satu bangunan atau sekelompok kecil bangunan.



 sumber :



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar